3 Kata Isitimewa

Ada ungkapan bahwa mulutmu adalah harimaumu, ada juga ungkapan yang mengatakan bahwa lidah itu lebih tajam dari pada sebuah pedang. Ungkapan-ungkapan seperti itu sebenarnya menggambarkan bahwa betapa pentingnya menjaga setiap kata yang keluar dari mulut kita, sebab satu kata saja yang kita ucapkan melalui bibir kita itu akan berdampak besar pada kehidupan dan lingkungan kita.

Tidak melihat siapa yang kita ajak bicara, apakah atasan, bawahan, sesama, bahkan juga anak kecil meskipun, pengucapan tetaplah juga akan memberi dampak, baik pada diri kita ataupun lawan bicara kita, karna tiap-tiap ucapan yang kita lontarkan itu mempunyai dampak yang begitu mengagumkan untuk psikologis (perasaan) orang yang mendengar atau orang yang kita ajak bicara. Misalnya saat ucapan kita menyinggung persaan orang yang lain, jadi telah pasti orang itu juga akan kurang responsif pada kita, bahkan juga mungkin saja orang itu nekat melakukan perbuatan kasar pada kita. Demikian halnya demikian sebaliknya, bila kita berkata baik pada orang itu, jadi perasaan orang itu juga akan terasa tersanjung, serta sudah pasti hormat pada kita. Itu satu diantara contoh dari efek satu ucapan yang bisa memengaruhi bagian psikologis seorang, oleh karenanya membiasakan diri selalu untuk berkata baik pada orang yang lain butuh dikerjakan, serta awalilah rutinitas itu dari kata yang paling basic yakni : Maaf, Tolong, serta Terimakasih, karna ke-3 kata basic berikut yang disebut bentuk penghargaan kita pada orang yang lain, serta otomatis juga adalah bentuk kita untuk menghormati sendiri.

Maaf

Semuanya manusia pasti sempat meelakukan kekeliruan, tak tahu pada dianya ataupun pada orang yang lain. Serta kata maaf adalah kata yang efisien untuk disampaikan saat kita lakukan kekeliruan pada orang yang lain. Memanglah, tentang mohon maaf atau memaafkan bukanlah perkara yang gampang, memerlukan ketulusan serta kelapangdadaan untuk lakukan hal itu, tetapi budaya serta dasar agama yang mengajarkan hal itu bisa jadikan jadi dasar kita untuk hidup berbaur dalam orang-orang.

Terkecuali untuk melakukan perbaikan bersilahturahmi, mohon maaf atau memaafkan juga memiliki faedah jasmaniah ataupun rohaniah untuk kita. Dengan mohon maaf atau memaafkan, pasti meminimalkan ada perasaan dendam yang berada di dalam hati kita. Dengan brgitu, perasaan kita juga akan tenang serta damai selama hidup. Serta seorang yang pemaaf pasti akan tidak gampang geram.

Kata maaf mempunyai energy yang begitu besar pada kita mupun lingkungan kita, umpamanya saja hubungan pertemanan yang merenggang karena perkelahian, juga akan kembali sembuh saat sama-sama memaafkan. Seperti menurut Lynn Johnston, keinginan maaf adalah lem terkuat untuk merekatkan serasi kehidupan, karna ia (maaf) bisa melakukan perbaikan apa saja

Tolong

Jadi makhluk sosial manusia pasti tidak bisa hidup sendirian, oleh karena itu manusia hidup dengan berkelompok serta bermasyarakat. Karna sadar kalau semua suatu hal tidak bisa dikerjakan tiap-tiap orang dengan sendiri, jadi peranan orang yang lain begitu perlu untuk menolong penuhi keperluan kita. Di dalam tiap-tiap pertolongan tentu ada yang namanya kata tolong, segera ataupun tidak segera itu adalah alamiah dari satu keinginan tolong.

Kata tolong tersebut benar-benar sangat simpel, tetapi dengan kesederhanaannya itu kita jangan sampai meremehkan satu kata tolong, karna perlu untuk diketahui kalau kata serta ucapan tolong begitu beresiko mengagumkan pada psikologis atau perasaan orang yang kita mitai tolong. Contoh bagaimana perasaan kita saat kita disuruhi tolong untuk kerjakan suatu hal, namun orang yang memohon tolong itu tidak mengatakan kata tolong jadi mereka menyuruh dengan suara tinggi. Pastinya kita tentu begitu geram serta terasa tidak dihargai oleh orang itu serta mungkin saja kita jadi tidak suka pada orang itu, walau sebenarnya penyebabnya hal semacam ini cuma satu kata kecil yang berberbunyi “tolong” tidak disampaikan.

Memohon pertolongan orang yang lain dengan mengatakan kata tolong tambah lebih sopan daripada tidak memakai kata tolong. Meskipun remeh, tetapi efeknya begitu punya pengaruh untuk orang yang disuruhi tolong. Saat memohon pertolongan dengan mengatakan kata tolong, seorang yang disuruhi tolong itu terasa tidak enggan untuk menolong kita, jadi juga akan terasa suka, karna dengan kata tolong barusan jadikan keinginan pertolongan bukanlah satu perintah atau suruhan yang notabennya kurang disenangi banyaknya orang. Diluar itu juga tolong mempunyai dampak yang dahsyat, bukanlah saja untuk yang mendengar, namun juga untuk yang mengatakannya sebab satu kata kata tolong bisa membuat hubungan yang istimewa pada manusia dengan manusia yang lain, hal semacam ini di karenakan satu kata tolong memiliki kandungan makna “menghargai”, serta ingat-ingatlah juga kalau dengan menghormati orang yang lain jadi kita bermakna menghormati sendiri. Oleh karena itu jangan sampai sempat lupa saat kita memohon pertolongan pada orang yang lain baik atasan, bawahan, tukang parkir, satpam, office boy, ucapkanlah kata tolong terlebih dulu karna kata tolong itu adalah tali penyambung dari satu hubungan baik yang dapat juga jadi pengukuran kesejajaran derajat kita jadi manusia dimata Tuhan.

Terima Kasih

Ucapan terima kasih adalah ucapan yang mempunyai banyak arti. Tetapi bila diliat dari akar tuturnya terima kasih cuma terbagi dalam dua kata yakni terima serta kasih, yang di mana ini mempunyai makna kalau sesudah kita terima (terima) kita harus juga berikan (kasih), tersebut pada umumnya arti dari terima kasih.

Apa pun pandangan kita tentang kata terima kasih ini, yang terutama adalah bagaimana caranya kita mengucap kata terima kasih pada orang yang sudah bersedia menolong kita, sekecil apa pun pertolongan itu. Sebab, hal itu adalah satu kewajiban yang sekurang-kurangnya jadi bentuk penghargaan serta penghormatan kita pada mereka, termasuk juga didalamnya rasa sukur kita pada Tuhan.

Baca Juga: Cara membuat kata pengantar

Ucapan terima kasih memanglah tampak begitu sederhana tetapi di balik itu, kata terima kasih mempunyai efek psikologi yang begitu besar, baik untuk yang mengatakannnya ataupun yang di beri ucapan itu. Diluar itu terima kasih adalah satu ungkapan yang bisa memberi daya positif untuk yang berikan ataupun yang di beri ucapan terimakasih, walau demikian ucapan tersebuat semakin lebih dasyat sekali lagi apabila kita bukan sekedar sebatas mengatakannya saja.

Kita kadang-kadang butuh memberi imbalan baik berbentuk materi maupun jasa, serta sudah pasti doa yang tulus juga, jadi terimakasih kita itu juga akan begitu dihargai oleh orang yang sempat menolong kita, serta diluar itu juga rasa terima kasih kita pada sesama dapat pula menjadibentuk rasa sukur kita pada Tuhan, karna Beliaulah yang senantiasa memberi pertolongan pada kita lewat orang-orang-Nya serta memberi kesenangan hidup ini pada kita