4 Cara Menggunakan Buttermilk Untuk Kulit, Rambut dan Lainnya

4 Cara Menggunakan Buttermilk Untuk Kulit, Rambut dan Lainnya

Buttermilk adalah produk susu fermentasi, yang sangat populer selama musim panas. Segelas buttermilk dingin sangat menyegarkan dan menyejukkan.

Awalnya, buttermilk disebut sebagai cairan yang tertinggal setelah membuat mentega dari krim. Namun, kali ini digambarkan sebagai minuman susu fermentasi, biasa terjadi di banyak negara dengan iklim hangat.

Untuk membedakan antara dua jenis buttermilk, cairan yang tersisa setelah membuat mentega dari krim dikenal dengan buttermilk tradisional. Di sisi lain, minuman susu fermentasi dikenal sebagai minuman buttermilk khas.

Memang benar bahwa buttermilk sering dikonsumsi sebagai minuman sehat, tapi juga sering digunakan dalam memasak. Ini berfungsi sebagai dasar untuk mempersiapkan bumbu perendam buatan sendiri, dips, smoothies, sup dan salad dressing. Ini juga digunakan sebagai ramuan asam dalam makanan yang dipanggang.

Minuman fermentasi ini cocok untuk orang yang tidak tahan laktosa yang menghadapi kesulitan memenuhi kebutuhan kalsium harian mereka dari produk susu lainnya. Mikroba dalam buttermilk mengubah gula laktosa menjadi asam laktat, sehingga membuatnya cocok untuk orang yang tidak tahan terhadap laktosa.

Kandungan nutrisi buttermilk sangat mengesankan. Mengandung sejumlah vitamin A, D dan B12 serta kalsium, potasium, protein, selenium, fosfor dan probiotik. Selain itu, rendah lemak dan rendah kalori.

Karena kaya akan nutrisi, ada banyak manfaat kecantikan dan kesehatan dari buttermilk.

Berikut adalah cara menggunakan buttermilk untuk kulit, rambut dan kesehatan secara keseluruhan.

1. Memperbaiki Skin Tone

Sarat dengan protein susu dan asam laktat, buttermilk membantu menyingkirkan kotoran dan sel kulit mati dari kulit, yang bisa mencuri cahaya alami dari kulit Anda. Juga, asam laktat mencerahkan kulit dan memberi kulit Anda tekstur yang halus.

  • Campurkan buttermilk dengan ½ gelas tepung gram dan 1 sendok teh kunyit untuk membuat pasta yang halus. Oleskan masker ini pada kulit. Biarkan sampai kering dengan sendirinya, lalu usapkan masker dengan jari basah. Kemudian cuci muka dengan air. Gunakan masker kulit ini seminggu sekali.
  • Untuk perawatan sehari-hari, campurkan sedikit kunyit di ½ cangkir buttermilk dan biarkan selama 30 menit. Kemudian, oleskan larutan pada kulit dan pijat dengan lembut. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan rata. Gunakan cara ini sekali sehari.

2. Mencerahkankan Bekas dan Titik Hitam pada Kulit

Buttermilk kaya akan asam laktat, asam alfa hidroksi seperti yang digunakan pada kebanyakan produk kecantikan yang dirancang untuk menyingkirkan bekas dan bintik hitam. Asam laktat dalam buttermilk membantu mengelupaskan kulit untuk menghilangkan bintik dan bekas hitam, dan melakukannya tanpa mengeringkan kulit Anda.

  • Oleskan buttermilk pada daerah dan titik hitam pada kulit menggunakan kapas. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilas daerah itu dengan air. Ikuti cara ini sekali atau dua kali sehari sampai tanda hilang.
  • Sebagai alternatif, campurkan 2 sendok makan bubuk kulit jeruk kering dengan buttermilk secukupnya untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini ke kulit Anda dan pijat dengan lembut. Biarkan selama sekitar 30 menit, lalu gosok dan bilas dengan air dingin. Gunakan cara ini 2 atau 3 kali seminggu.

3. Mengurangi Suntan (Warna coklat karena berjemur)

Warna coklat karena berjemur pada kulit Anda dapat dikurangi dengan menggunakan buttermilk, karena kandungan asam laktatnya. Asam laktatjuga memiliki khasiat pelembab untuk menjaga kulit tetap lembab dan halus, yang penting untuk mempercepat proses penyembuhan.

Cukup oleskan beberapa buttermilk murni pada kulit adalah obat yang sangat baik untuk kulit Suntan, dan ini adalah obat yang sangat murah dan efektif. Tapi untuk membuat obat lebih efektif, Anda bisa mencampur buttermilk dengan bahan kuat lainnya.

  • Campurkan ¼ cangkir buttermilk dingin beserta ½ buah tomat. Opsional, tambahkan segenggam daun mint. Oleskan cairan ini ke kulit Suntan Biarkan kering dengan sendirinya. Lakukan ini satu kali sehari.
  • Sebagai alternatif, campurkan masing-masing 2 sendok teh buttermilk dan madu. Oleskan di daerah yang terkena suntan dengan menggunakan ujung jari Anda. Pijat selama 5 menit, lalu biarkan selama 20 menit. Kemudian, bersihkan dengan air biasa. Ulangi 1 atau 2 kali sehari.

4. Membersihkan Kulit

Buttermilk bekerja sebagai pembersih yang sangat baik untuk kulit. Ini membersihkan debu, kotoran dan kotoran lainnya dari kulit. Ini juga memberi nutrisi pada kulit Anda dari dalam agar tetap sehat dan cerah.

  • Celupkan bola kapas ke dalam buttermilk dan gunakan untuk membersihkan wajah Anda. Kemudian, bilas kulit Anda dengan air biasa. Gunakan obat sederhana ini setiap hari sebelum tidur.
  • Sebagai alternatif, campurkan beberapa mentega dan air bunga mawar yang dalam jumlah sama, lalu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun atau almond ke dalam campuran. Rendam bola kapas ke dalam cairan ini dan bersihkan kotoran dan noda di kulit Anda dengan lembut. Biarkan selama 10 sampai 15 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Gunakan itu setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu.