5 Langkah Pasti Belajar Bisnis Travel Harus Anda Kuasai Sebagai Pemula

belajar bisnis travel

Dewasa ini, orang-orang semakin mudah untuk bepergian dan berpetualang. Dengan berkembangnya sistem teknologi informasi yang pesat, melalui internet, perjalanan wisata dapat dinikmati hanya dengan menggunakan layanan pesanan wisata secara online. Banyak sekali pengusaha yang mulai mengambil peluang untuk membuka usaha ini. Namun tak sedikit juga pengusaha yang gulung tikar karena kegagalan mereka dalam mengawali bisnis travel. Untuk itu, artikel ini akan memberikan pengetahuan kepada Anda, para Sobat Pembaca, bagaimana belajar bisnis travel yang cekatan sebagai seorang pemula usaha.

5 Langkah Belajar Bisnis Travel Untuk Pemula

  1. Memilih jenis bisnis travel

Tentunya, sebagai langkah pertama adalah menentukan jenis bisnis travel apa yang mudah namun menjanjikan, seperti bisnis travel pariwisata dan umroh atau haji. Memulai usaha travel wisata bisa Anda lakukan dengan menentukan terlebih dahulu ke mana saja destinasi tujuan yang akan Anda tawarkan, baik destinasi di dalam negeri maupun luar negeri.

  1. Mengurus izin bisnis travel

Langkah ini adalah langkah yang harus dilakukan karena tanpa izin yang jelas, bisnis travel Anda akan dianggap ilegal. Nah, apakah Anda sudah tahu apa itu izin bisnis travel? Benar, izin bisnis travel adalah izin sebagai bukti pengakuan legalitas terhadap badan usaha travel atau perorangan milik Anda dalam membuka bisnis travel, mengembangkannya, dan mendapatkan keuntungan dari pelanggan.

Untuk mendapatkan izin ini, Anda harus menyiapkan beberapa berkas seperti fotokopi KTP pemohon, fotokopi NPWP, fotokopi akta pendirian bisnis travel, fotokopi surat izin gangguan, fotokopi surat izin mendirikan bangunan, denah lokasi bisnis yang akan dijalankan (denah kantor), formulir data paket wisata yang sudah diisi lengkap sesuai jasa yang ditawarkan, dan yang terakhir adalah brosur, pamflet atau apapun yang digunakan sebagai alat promoting.

  1. Menjalin kerjasama dengan travel agent

Jika langkah pertama sudah Anda selesaikan, maka travel agent diperlukan untuk mendukung bisnis Anda. Hal ini sangat dianjurkan untuk Anda lakukan apabila sebagai pemula bisnis Anda tidak memiliki modal usaha travel yang cukup. Anda bisa menjadi sub-agent dengan cara mempromosikan bisnis travel yang ditawarkan oleh travel agent tersebut. Keuntungan dari melakukan kerjasama seperti ini adalah Anda bisa mengetahui cara membuka usaha travel sendiri.

  1. Lakukan promosi

Setelah Anda berhasil memiliki bisnis travel Anda sendiri, promosi perlu dilakukan untuk menarik minat pelanggan. Anda bisa membuat brosur untuk disebarkan pada khalayak umum atau memasang iklan di internet. Jika Anda mengingkan bisnis Anda dipandang jelas dan terpercaya, maka Anda bisa membuat website khusus dengan menyantumkan surat izin biro perjalanan wisata di dalamnya.

Jika promosi Anda berjalan baik dan memberikan keuntungan yang signifikan, sesekali Anda dapat menawarkan perjalanan gratis ke dalam daftar bisnis travel agent online gratis yang dapat Anda tawarkan untuk menambah pelanggan di setiap waktu-waktu spesial seperti pada saat Hari Valentine.

  1. Memberikan pelayanan terbaik

Sebagai salah satu bisnis penjual jasa, maka kepuasan dan kenyamanan pelanggan menjadi titik fokus yang diutamakan. Semua itu dapat dinilai sejak awal oleh pelanggan dalam hal keramahan Anda memberikan pelayanan. Penyampaian informasi yang komunikatif kepada pelanggan akan menjadi titik awal apakah mereka akan memilih untuk menggunakan jasa bisnis travel Anda atau tidak.

5 langkah pasti belajar bisnis travel agent yang telah kami tuliskan di atas merupakan langkah-langkah penting bagi Sobat Pembaca untuk mengetahui hal-hal dasar yang harus dilakukan sebagai pengusaha bidang pariwisata. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda para pemula usaha yang ingin menjajal peruntungan dalam bisnis ini.