Mengenal Beberapa Jenis Alat Kesehatan Dan Fungsinya

Alat Kesehatan merupakan kebutuhan pokok rumah sakit dan klinik serta pusat pelayanan medis lainnya. Alat kesehatan memiliki fungsi yang sangat vital untuk menunjang operasional rumah sakit dalam menyelenggarakan dan melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis. Lalu ada berapa banyak alat – alat kesehatan di rumah sakit ? Tentu sangat banyak dan sekarang saya ingin mengajak anda untuk mengenal jenis alat kesehatan dan fungsinya.

jenis alat kesehatan dan fungsinya

Sudah tahukah anda apa definisi alat kesehatan itu ? Alat Kesehatan dapat didefinisikan sebagai instrument, apparatus, implan yang tidak mengandung obat yang berfungsi untuk mencegah dan mendiagnosa penyakit, merawat dan menyembuhkan orang sakit serta memulihkan kesehatan pada manusia dan untuk memperbaiki fungsi dan jaringan tubuh.

Jenis Alat Kesehatan dan Fungsinya

1. Alat Elektromedik

Diantara berbagai macam alat kesehatan di Rumah Sakit, salah satu jenisnya yaitu alat – alat elektromedik. Apa itu Elektromedik ? Yaitu alat – alat medis yang mengandung unsur listrik di dalamnya. Salah satu contohnya adalah Pasien Monitor. Alat ini berbentuk seperti layaknya monitor dengan tampilan layar LCD di depannya. Alat ini baerfungsi untuk memonitor parameter kesehatan paien seperti aritma jantung, tekanan darah, kadar oksigen dalam darah, dan lain sebagainya. Sekarang ini sudah banyak toko alkes yang jual pasien monitor murah dengan standar yang terpenuhi untuk rumah sakit dan klinik

2. Alat Non Elektromedik

Jenis berikutnya yaitu ada juga alat – alat non elektromedik. Alat ini merupakan kabalikan dari alat elektromedik yaitu alat yang tidak berhubungan dengan elektromedik. Alat ini bisa juga kita katakan sebagai alat manual. Golongan non elektromedik biasanya didominasi oleh alat – alat habis pakai seperti infus set, spuit, kapas, kasa dan berbagai macam alat lainnya.

3. Alat Diagnostic In Vitro

Berbeda dengan dua jenis alat medis yang sudah kita jelaskan diatas, alat ini digolongkan berdasarkan fungsi spesifiknya yaitu sebagai alat diagnosa atau diagnosis. Contoh alat ini seperti photometer atau juga disebut Chemistry Analyzer. Kalau kita pahami, fungsi alat ini yaitu untuk menganalisa unsur – unsur kimia dalam darah seperti kolesterol, glukosa dan sejenisnya.

Nah, setidaknya ada tiga jenis dari sekian banyaknya alat – alat medis yang ada di rumah sakit. Mudah – mudah pembahasan tentang jenis alat kesehatan dan fungsinya ini bisa bermanfaat untuk anda semua, sekian.