Beberapa Contoh Alat Kesehatan di Kamar Operasi

Ada banyak sekali contoh alat kesehatan di kamar operasi. Kamar Operasi atau Ruang Operasi adalah salah satu unit (Ruangan) khusus yang ada di rumah sakit tertentu yang berfungsi untuk melakukan tindakan operasi atau yang identik dengan pembedahan. Namnun biasanya tidak semua Rumah Sakit, memiliki unit tersebut, hal ini biasanay dikarenakan keterbataasan infrastruktur dan juga tenaga medis yang belum memadai.

alat kesehatan di kamar operasi

Oke, tidak perlu memperpanjang lagi. Pada kesempatan ini kita akan membahas contoh alat – alat medis yang ada di dalam ruang atau kamar operasi rumah sakit. Ada apa saja ? Yuk kita simak pembahasannya di sini.

Contoh Alat Kesehatan di Kamar Operasi Berikut Penjelasannya

Berikut beberapa contoh alat medis atau alat kesehatan yang ada di Ruang Operasi rumah sakit

1. Lampu Operasi

Salah satu alat kesehatan yang sudah pasti ada di unit Ruang Operasi adalah lampu operasi. Lampu operasi memiliki desain khusus yang tidak sama dengan lampu – lampu pada umumnya. Memang lampu ini juga berfungsi sebagai alat penerangan. Namun jenis dan modelnya serta sistem pemasangannya juga berbeda. Terlebih lagi harganya. Anda tahu berapa harga alat ini ? Coba anda tanyakan di toko alat kesehatan yang jual Lampu Operasi. Harga perkiraan hingga sampai ratusan juta rupiah.

2. Mesin Anestesi

Mungkin tidak banyak yang tau tentang alat ini. Mesin ini tersusun dari berbagai macam komponen elektromedik yang memiliki fungsi utama yaitu melakukan pembiusan atau untuk menghilangkan kesadaran pasien dalam waktu sementara. Hal ini bertujuan agar pada saat operasi dilakukan pasien tidak merasakan sakit.

3. Instrumen Bedah

Alat kesehatan di kamar operasi selanjutnya adalah Instrumen bedah. Sebagaimana anda tahu, Operasi identik dengan pembedahan. Jadi pasti ada instrument atau alat – alat yang digunakan untuk pembedahan. Berbagai macam jenis instrument bedah tersebut memiliki fungsi yang sangat bermacam – macam.

4. Meja Operasi

Salah satu peralatan medis yang tidak kalah penting dengan lampu operasi adalah meja operasi. Meja ini memiliki peranan yang sangat vital dalam ruang operasi. Meja operasi berfungsi untuk meletakkan pasien yang akan menjalani operasi. Biasanya meja operasi diletakan di tengah – tengah ruangan dan tepat di bawah lampu operasi.