Desain Interior Ruang Tamu Sempit

Ruang tamu menjadi salah satu ruangan yang menjadi pusat perhatian pemilik rumah. Ini karena dibandingkan dengan ruangan lain yang ada dirumah, ruang tamu lebih sering dikunjungi banyak orang dan karena letaknya berada dibagian depan rumah, ruang tamu lebih mudah terlihat dari luar.

Dan karena mudah terlihat, maka orang bisa dengan mudah menilai ruang tamu kita. Ruang tamu yang berantakan akan membuat banyak orang berfikir, pemiliknya adalah pemalas. Sedangkan dengan ruang tamu yang rapi, bersih, dan menarik, orang akan berfikir anda orang yang rajin.

Sayangnya banyak orang malas membersihkan atau menata ruang tamu karena mereka desain ruang tamu sempit sederhana. Padahal, jika mau bergerak sedikit, ruang tamu sempit dan pengap bisa diubah menjadi desain ruang tamu kecil minimalis yang lebih nyaman. Untuk urusan sempitnya lahan, berikut ini tips desain interior ruang tamu sempit yang bisa anda tiru!

  • Pada ruang tamu luas, kehadiran jendela bisa memberi asupan cahaya pada ruangan. Namun untuk ruang tamu kecil, akan lebih baik jika anda memasang tirai pada setiap jendela. Selain untuk melindungi privasi juga membantu menghalau sinar matahari yang dapat mengganggu kenyamanan.
  • Bagi anda yang punya koleksi buku, hindari memasang rak besar. Sebaiknya pasang rak gantung yang menempel di dinding agar ruangan tidak terlalu sempit.
  • Gunakan karpet berukuran lebar. Ruangan sempit bukan berarti anda menggunakan karpet kecil. Karpet kecil hanya akan membuat ruangan makin kecil.
  • Anda bisa memasang pajangan di ruang tamu, namun jangan memasang terlalu banyak. Alih-alih terlalu banyak, pasang saja pajangan atau karya seni berukuran besar. Hal ini akan membuat ruangan tampak lebih luas.

Nah itu dia beberapa tips untuk ruang tamu sempit. Terakhir, jangan lupa gunakan cat warna terang atau natural. Selain itu, bersihkan ruang tamu anda secara rutin. Agak percuma bukan jika ruang tamu anda menarik tapi kotor? Siapa pun pasti tidak akan betah berlama-lama di ruang tamu anda. Semoga bermanfaat ya!