Kisah Nabi Sulaiman yang Patut Anda Ketahui

Seperti yang diketahui bahwa ada 25 Rasul yang harus diimani oleh seluruh umat muslim. Dan salah satu dari rasul yang harus diimani tersebut ialah Nabi Sulaiman as. Seperti yang diketahui bahwa sebenarnya, jumlah Nabi adalah 124.000 orang. Sementara Rasul sendiri berjumlah 313 orang. Tapi dalam aqidah islam, nabi yang wajib diketahui adalah 25 orang nabi saja. Meskipun demikian, tetap umat muslim harus tetap mengimani 124 ribu nabi yang ada sepanjang umat manusia tapi tidak sampai harus menghapalnya. Kisah Nabi Sulaiman begitu menarik sehingga seringkali dituangkan dalam buku yang menceritakan kisah-kisah para Nabi. Sekedar informasi bahwa Nabi Sulaiman as adalah nabi urutan ke-18 yakni sebelum nabi Nabi Ilyas dan sesudah Nabi Daud. Nabi sulaiman adalah anak kandung dari Nabi Daud. Diketahui bahwa sebelum Nabi sulaiman diangkat menjadi seorang Rasul serta memegang kerajaan, raja sekaligus rasul sebelumnya adalah Nabi Daud.

 

Kisah Nabi Sulaiman memang memiliki daya tariknya sendiri, sama seperti kisah-kisah nabi lainnya. Dimana sejak kanak-kanak, Nabi sulaiman memang sudah memperlihatkan kecakapan, kemampuan berpikir dan kecerdasan yang di atas rata-rata. Beliau sangat sering mengikuti ayahnya dalam menengahi dan memberikan solusi dalam persidangan yang melibatkan perselisihan di kalangan Bani Israil. Dalam sejarah, disebutkan bahwa memang Nabi Sulaiman as adalah yang paling pandai jika dibandingkan dengan saudaranya yang lain. Seperti yang sempat disinggung bahwa sejak masih muda, Nabi Daud memang sengaja mempersiapkan Nabi Sulaiman untuk menggantikan posisinya dalam mengetuai kerajaan Bani Israil. Namun, Absyalum sebagai kakak Nabi Sulaiman tidak rela jika dilangkahi oleh adiknya. Dalam hal ini ia beranggapan bahwa dialah yang seharusnya menjadi pewaris pertama untuk menjadi raja dari kerajaan Bani Israil.

 

Hingga akhirnya, Absyalum melakukan propaganda agar pemerintahan ayahnya jatuh ke tangannya. Ia mempengaruhi masyarakat hingga ia berhasil menguasai kerajaan. Namun kekuasaan tersebut tidak begitu lama didapatkannya karena setelah melakukan berbagai usaha, akhirnya kerajaan tersebut kembali ke tangan Nabi Daud as. Saat Nabi Daud wafat, Nabi Sulaiman lah yang memimpin Bani Israil sampai beliau wafat. Dalam kisah Nabi Sulaiman, diceritakan bahwa salah satu mukjizat Nabi Sulaiman as adalah bisa berbicara dengan binatang dan menguasai para jin.