tidak semua yang tawaf berihram, ada juga yang memakai jins dan kaos oblong

Batasan yang boleh memasuki pelataran Ka’bah selama renovasi cuma jamaah berpakaian ihram ternyata tidak terus selalu diberlakukan. Pada dasarnya sangat tergantung selera hati satpam Masjidil Haram tersebut.

Ketika menjalankan tawaf umrah dinihari pada malam hari, saya melihat pakaian orang yang thawaf beragam jenis dan warnanya. Ada yang memakai ihram, gamis, baju taqwa, sarung, sampai celana jeans serta kaos oblong.

Semenjak Masjidil Haram direnovasi, pelataran Ka’bah dibatasi sketsel memutar di sekeliling Ka’bah. Sketsel itu membuat area thawaf lebih sempit. Diluar sketsel menjadi area sholat. Kemarin malam saya melewati pintu masuk lantai bawah samping gerbang utama Al Malik Abdul Aziz, aman aman saja sebab saya menggunakan ihram. Namun orong-orong yang berpakaian bebas dan dibiarkan untuk masuk.

Waktu sholat Dhuhur dalam guyuran gerimis, saya masuk melalui pintu yang sama tadi malam. Akan tetapi satpam tersebut mengusir saya. Saya memakai sarung, baju taqwa dan kopiah, Ujarnya.

Saya lalu masuk lewat gerbang utama menuju lantai 2. Di sini jamaah yang berdiri mengambil shaf terdepan langsung diusir juga. Lalu kemudian satpam ini bosan sendiri dan pergi. Jadi jamaah juga lansung membentuk shaf salat zuhur di lantai ini.

Pemandangan di depan terlihat orang-orang masih tawaf mengelilingi Ka’bah pada saat adzan selesai berkumandang. Pakaian orang yang thawaf di dekat Kakbah pun beragam. Tidak semua memakai ihram. Sama seperti waktu tadi malam. Ada yang memakai jeans, berkaos oblong warna-warni, gamis, dan baju taqwa.

Pada saat iqamah berkumandang, cara agar orang berhenti telepon ketika berdiri membentuk shaf melingkari Ka’bah. Salat duhur pun berlangsung dalam Rinai gerimis.

Setelah sholat selesai, jamaah dekat kabel langsung berlari berobat ke Hajar Aswad. Ada yang menyerbu sudut Ka’bah yang terbuka kiswahnya. banyak juga yang menempelkan diri ke dinding Ka’bah untuk menciumi kiswahnya, menggosokkan tangan, sorban, dan sejadah untuk mendapatkan harum semprotan parfum kiswah.

Sedangkan shaf di lantai 2 langsung dibubarkan oleh satpam. Walaupun banyak orang mengabaikan dengan melakukan salat sunnah. Area lantai 2 tersebut harus dilonggarkan sebab dipakai untuk tawaf jamaah yang memilih lokasi di sini. Bagi anda yang tengah mencari jasa sablon, kunjungi di jasa sablon kaos manual.